BERITA  

SMB IV Sebut KPD Dukung Budaya Literasi Yang di Bawa Percha Leanpuri


Gandustv.com, Palembang – Ratusan tamu undangan memenuhi pendopoan Griya Agung Palembang dalam rangka Khotmil Quran, pembacaan surah yasin dan tahlil memperingati 40 hari wafatnya Hj Percha Leanpuri Binti Herman Deru, di Griya Agung Palembang, Rabu (29/9) malam secara terbatas.


Selain dilakukan secara tatap muka terbatas, para undangan lainnya juga menyaksikan langsung dari zoom yang telah disediakan.

Pelayat memenuhi Griya Agung usai magrib. Pejabat yang menghadiri diantaranya Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn, Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya, Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto, Walikota Palembang H Harnojoyo dan pejabat daerah lainnya.
Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn mengaku sedih atas kepergian Hj Percha Leanpuri.

“ Percha adalah seorang yang bernilai sekali bagi Sumatera Selatan khususnya kota Palembang, karena dia adalah generasi yang berwawasan baik , memiliki integritas yang baik sehingga kita semuanya merasa kehilangan,”katanya.

Apalagi Kesultanan Palembang Darussalam (KPD) mendukung budaya literasi yang di bawa Percha .
“ Apalagi Kesultanan Palembang Darussalam juga menghidupkan juga nilai-nilai literasi terutama mengenai kesejarahan-kesejarahan yang ada dikota, karena kita ketahui kalau Kesultanan Palembang Darussalam dahulunya setelah Kesultanan Aceh runtuh , mengangkat kembali nilai-nilai literasi di Palembang,” katanya.

Sedangkan Ustadz Abdul Somad Lc MA yang dalam tausyiahnya menilai Hj Percha Leanpuri merupakan sosok yang cerdas dan intelektual di dunia politik.
“Saya pertama kali bertemu dengan almarhumah ini pada saat pertama kali ke Palembang. Saya diberi tahu dan saya cek sendiri ternyata Percha Leanpuri ini merupakan anggota dewan yang cerdas dan intelektual dalam berpolitik,” katanya.

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, Percha Leanpuri merupakan sosok yang tak pernah bisa dilupakan. Semua itu terlihat mulai dari Almarhumah dimakamkan hingga hari ke 40 masih banyak pelayat dari berbagai daerah yang ikut mendokan.

“Dari awal pemakaman hingga ke 40 hari wafatnya anak saya, makamnya selalu ramai dikunjungi,” ucap Deru.
Deru juga mengucapkan banyak terima kasih kepada tamu undangan yang telah datang untuk mendoakan Almarhumah Percha Leanpuri.

“Terima kasih untuk semua masyarakat dan tamu undangan yang telah ikut hadir mendoakan Percha,” katanya.

Penulis: Ali GoikEditor: Redaksi