LPP PKB SumSel Gelar Uji Kelayakan Bacaleg

Gandustv.com, Palembang – LPP PKB SumSel menggelar Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) bakal calon legislatif (bacaleg) DPR Provinsi. Jumlah peserta yang diuji mencapai 73 bacaleg, adapun kegiatan tersebut dilaksanakan di Meeting Room Jabal Rahmah Asrama Haji Palembang selama dua hari dari tanggal 28 – 29 Maret 2023.

Untuk UKK ini PKB melibatkan sejumlah tokoh dan akademisi di Sumatera Selatan sebagai penguji eksternal dari berbagai latar belakang profesi. Antara lain Dr. Dedi Irwanto, S.S., M.A, Dr. Muhammad Adil, M.A, Dr. Muhammad Abdillah, Dr. Andrieas Lionardo, M.Si danYuliusman, S.H.

Ketua LPP PKB Sumatera Selatan Hernoe Roesprijadji mengatakan, pihaknya sengaja melibatkan penguji eksternal sehingga bacaleg yang terjaring memiliki kapasistas mumpuni serta berintegritas tinggi sebagai calon wakil rakyat Provinsi SumSel.

“selain penguji internal, kami juga melibatkan penguji eksternal dari berbagai latar belakang profesi. Kami ingin hasil dari UKK ini benar-benar menghasilkan balaceg yang terbaik dan punya integritas tinggi untuk kepentingan bangsa,” ujar Hernoe Roesprijadji dalam keterangannya, Selasa (28/3/23).

Drs. Ramlan Holdan Ketua Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Provinsi Sumatera Selatan mengatakan UKK ini tidak hanya dilakukan untuk bacaleg DPR Provinsi saja, namun dilakukan juga di kabupaten/kota, Pelibatan pihak eksternal ini kata Ramlan sebagai bentuk keterbukaan dalam proses penjaringan bacaleg.

Drs. Ramlan Holdan menuturkan, dengan tingginya antusiasi bacaleg PKB ini, pihaknya optimistis bisa meraih target yang sudah ditetapkan pada Pemilu 2024 mendatang yakni 12 kursi untuk DPR Provinsi SumSel.
Ramlan Holdan berharap bacaleg yang diseleksi memiliki kualitas tinggi sehingga target PKB dan bangsa Indonesia bisa tercapai.

“Sebab demokrasi kita semakin hari semakin mendapatkan tantangan. PKB di bawah pimpinan Gus AMI insyaallah akan menjadi salah satu bagian untuk memperjuangkan dan mempertahankan serta mengembangkan sistem demokrasi konstitusional yang menjadi cita-cita para pendiri partai ini,” kata Ramlan Holdan.(Ali Goik)