Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Bersikap Tegas dalam Penanganan Maladministrasi PPDB SMAN

Gandustv.com, Palembang – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menunjukkan komitmen kuat dalam menanggapi laporan maladministrasi pada Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dilaporkan oleh Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan.

Menurut pejabat terkait, Sutoko, langkah korektif termasuk penghapusan tes mandiri dalam Juknis PPDB SMA tahun 2024/2025, sesuai dengan larangan Permendikbud No. 1 Tahun 2021. Hal ini sebagai respons langsung terhadap temuan maladministrasi yang mencakup proses PPDB SMAN.

Plt Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumsel, Drs H Edward Candra MH, menyatakan komitmen untuk menindaklanjuti Laporan Hasil Penyelidikan (LAHP) korektif dari Ombudsman RI Sumsel tanpa proses yang berkepanjangan. Dia berharap hal ini menjadi dorongan positif untuk Pemprov Sumsel merampungkan Petunjuk Teknis PPDB Tahun 2024/2025 sesuai regulasi.

Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan, M. Adrian, mengimbau agar Pemerintah Provinsi lebih proaktif dan koordinatif dalam menyelesaikan laporan. Dia menyatakan kesiapannya untuk berdiskusi dan menegaskan bahwa pemberian sanksi sepenuhnya akan diserahkan dalam proses penyelesaian laporan.

Dengan langkah-langkah korektif ini, diharapkan PPDB SMAN Sumsel untuk tahun-tahun mendatang dapat berjalan sesuai regulasi, menciptakan proses transparan dan adil bagi peserta didik yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi.