BERITA  

Wujudkan Rasa Aman Buat Masyarakat Sumsel, Dir Samapta Polda Sumsel Bentuk Tim Sus

Gandustv.com, Palembang, Maraknya kejadian street crime (kejahatan jalanan) seperti Tindak Pidana C3, tawuran remaja, balapan liar, yang belum maksimal di atasi oleh aparat Kepolisian, sangat menjadi keluhan warga masyarakat, membuat Dit Samapta Polda Sumsel merasa terpanggil untuk melakukan penebalan di lapangan dalam rangka memback up Satuan Wilayah.

Kombes Pol BUDI MULYANTO, S.I.K., M.H. yang kurang dari 3 bulan menjabat sebagai DIR SAMAPTA POLDA SUMSEL, merespons dengan cepat apa yang menjadi keinginan dari Bapak Kapolda Sumsel IRJEN POL. A. RACHMAD WIBOWO, S.I.K , yang salah satunya menginginkan hadirnya Polisi di tengah masyarakat dalam rangka mewujudkan rasa Aman, Nyaman, Tentram dan Damai di wilayah hukum Polda Sumsel.

Kegiatan rutin yang sudah berjalan saat ini seperti Patroli dan penegakan tipiring, berdasarkan anev Kamtibmas, di rasa masih sangat kurang, sehingga Dir samapta Polda Sumsel perlu melakukan penebalan penggelaran kekuatan personil dengan membentuk 2 (dua) Team Khusus yang bernamakan PATROLI KRYD.

Patroli KRYD adalah PATROLI KEGIATAN RUTIN YANG DI TINGKATKAN, dimana Team Sus 1 yang beranggotakan 8 orang di bawah kendali Kasubdit Gasum, menggunakan 2 unit R4 di bentuk untuk melaksanakan Patroli Jarak Jauh (PJJ) guna memantau sitkamtibmas jajaran Polres Kewilayahan, sementara Team Sus 2 yang beranggotakan 45 personil, di bawah kendali Kasubdit Dalmas, dengan di dukung sarana prasana yang di miliki oleh Dit Samapta Polda Sumsel di bentuk guna memback up Polrestabes Palembang.

Sejak tanggal 08 Maret 2023 Team sus 2 Patroli KRYD telah hadir di lapangan, menggunakan Motor Roda 2 (R2), menjelajah pada daerah rawan kejahatan jalanan (Street Crime) dan Kejahatan TP C3 serta menjelajah lorong-lorong sempit pada pemukiman warga, telah membuktikan dapat menurunkan tindak kejahatan yang terjadi di wilayah hukum Polrestabes Palembang.

Cara bertindak Team Sus 2 Patroli KRYD, saat hendak melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan R2, R4 maupun R6, menggunakan tehnik Hunting (Gunting), bilamana di temukan padanya barang berupa tindak kejahatan, kewajiban personil Patroli KRYD mengamankan pelaku serta barang bukti selanjutnya menyerahkan kapada Kepolisian yang memiliki kewenangan Sidik.

Dir Samapta Polda Sumsel berharap kepada anggotanya, dengan hadirnya team Patroli KRYD ini, dalam rangka memback up satuan wilayah, dapat menurunkan Kriminalitas kejahatan Street Crime khususnya TP C3, Balapan liar dan Tawuran pemuda berikut kejahatan Tindak Pidana lainnya di wilayah hukum Polda Sumsel serta tetap berpedoman dengan SOP yang ada dan menjunjung tinggi HAM di lapangan, pungkas Budi.(Suherman)